Hypothermia
09.16 | Author: salyuzone


Anda bepergian untuk camping atau memancing. Anda berburu atau memetik berry atau mengendarai kereta salju.
- Anda kedinginan
- Anda mulai menggigil dan tidak dapat berhenti
- Anda bergerak pelan
- Anda tersandung dan jatuh
- Anda tidak dapat berpikir dengan baik
- Anda merasa mengantuk
Ini adalah tanda² hypothermia. Jika anda mengalami hypothermia, anda dapat meninggal dunia.


Apakah Hypothermia Itu?
Hypothermia terdiri dari kata hypo, yang berarti rendah, dan thermia, yang berarti panas, sehingga hypothermia dapat diartikan panas yang rendah.

Badan anda dapat menderita kedinginan yang hebat. Jantung anda bisa berhenti. Hypothermia dapat membunuh anda, baik di daratan maupun di perairan. Anda dapat meninggal saat musim dingin maupun musim panas. Hypothermia membunuh orang yang tidak siap menghadapi dingin.

Apa Penyebab Hypothermia?
Sebagian besar hypothermia terjadi pada suhu antara -1° C sampai 10° C! Sebagian orang tidak berpikir bahwa pada suhu -1° C sampai 10° C adalah dingin. Mereka tidak mengenakan baju penghangat. Orang tidak berusaha untuk menghindari angin. Mereka berbasah-basah dalam hujan dan salju atau mereka terjun ke dalam sungai atau danau. Orang-orang tidak berusaha masuk ke dalam rumah saat mereka kedinginan. Sebagian orang tidak mau mengatakan kepada teman nya bahwa mereka kedinginan. Sebagian orang berkata baik² saja padahal kenyataan nya tidak. Kadang mereka tidak tahu kalau mereka mempunyai masalah.

Bagaimana Anda Dapat Kehilangan Panas Tubuh?
Tubuh anda kehilangan panas saat di luar. Tubuh anda kehilangan panas saat anda bernafas. Anda kehilangan panas saat berkeringat. Anda kehilangan panas saat angin atau air mengurung anda. Anda kehilangan panas saat menyentuh sesuatu yang dingin.

Lima bagian pada tubuh anda mengalami kehilangan panas paling banyak.Bagian² itu dikenal dengan area yang mengalami kehilangan panas paling banyak. Bagian² tersebut adalah kepala, leher, ketiak, kedua sisi samping dada dan daerah lipatan paha.

Setengah panas tubuh anda hilang melalui kepala, maka gunakanlah penutup kepala. Ketika anda kehilangan terlalu banyak panas tubuh, anda mengalami hypothermia.

Anda kehilangan panas tubuh saat anda meminum alkohol, karena alkohol menipu tubuh anda. Mungkin anda tidak berpikir bahwa anda kedinginan, mungkin anda tidak ingat bagaimana anda menolong diri sendiri. Jika anda minum alkohol, mungkin anda tidak menggigil.

Bagaimana Tanda-tanda Hypothermia?
Bagaimana anda tahu jika anda atau teman anda mengalami hypothermia? Lihat tanda-tandanya
- Mungkin tangan dan kaki anda yang pertama merasa dingin
- Anda menggigil terus-menerus
- Gerakan anda jadi lamban
- Tangan anda tidak dapat digerakkan
- Anda tidak dapat berpikir dengan baik.
Anda mungkin tidak berpikir bahwa anda dalam bahaya, tapi anda dapat meninggal.

Stop Hypothermia
Cegah hypothermia sebelum anda mengalaminya
1. Pakailah pakaian penghangat. Gunakan wool,bulu atau polypropylene. Gunakan pakaian berlapis.
Pakailah topi,kaus kaki, jaket, celana panjang, pakaian dalam yang panjang, kaos.

2. Bergabunglah dengan teman dan saling memperhatikan.
3. Usahakan tetap kering. Gunakan raincoat sebelum anda basah. Pakaian basah membuat anda makin kedinginan.
4. Makanlah makanan yang baik. Minum banyak air atau jus buah. Jangan minum alkohol dan jangan makan salju.

5. Isitirahat saat anda lelah.
6. Jika dekat air, gunakan PFD (personal flotation device), seperti rompi pelampung,
jaket pelampung, pakaian survival, coverralls.


Hypothermia Pada Air Dingin
Jika anda terjatuh ke dalam sungai atau danau, anda dapat meninggal karena hypothermia. PFD dapat menolong anda untuk bertahan hidup di dalam air, karena membantu anda untuk tetap terapung. PFD dapat membuat anda lebih hangat dan lebih kering. Gunakan sesuatu yang membuat anda tetap terapung. Jangan bergerak di dalam air. Anda kehilangan panas tubuh lebih banyak saat air dingin bergerak di sekitar anda.


Anda kehilangan panas tubuh lebih banyak saat anda berenang atau bergerak di dalam air. Tetap bersama perahu anda, jika perahu anda masih ada. Naiklah ke atas perahu secepat mungkin. Jaga kepala anda tetap kering dan hangatkan tubuh anda.

Lindungi area kehilangan panas di tubuh anda dengan posisi H.E.L.P
(Heat Escape Lessening Position) jika anda sendirian di dalam air. posisi H.E.L.P adalah posisi meringkuk dengan badan menghadap ke atas, tangan disilangkan di depan dada, usahakan kepala anda berada sejauh mungkin di atas air. Jika anda berkelompok, anda dapat menggunakan posisi berangkulan melingkar secara rapat (posisi huddle).

Pertolongan Pada Hypothermia
Apa yang harus anda lakukan pada orang yang mengalami hypothermia?
1. Berhati-hati
2. Keluarkan orang itu dari dalam air dingin,angin atau udara dingin.
3. Keringkan badan orang tersebut, kenakan pakaian yang kering.
4. Cegah kehilangan panas tubuh yang lebih banyak. Lindungi daerah kehilangan panas tubuh paling banyak. Kenakan penutup kepala yang hangat dan scarf. Gunakan plastik untuk sampah, potong sebuah lubang untuk masuk kepala dan gunakan seperti memakai kaos.

Sangat Kedinginan?
Apa yang anda lakukan pada orang yang tidak dapat berjalan atau berbicara? Apakah mereka tidak sadar? Bawa orang itu ke rumah sakit segera! Hati-hati saat anda memindahkan dia!

Apakah rumah sakit terlalu jauh? Berbagilah panas badan anda. Lepas seluruh pakaian penderita. Letakkan dalam sleeping bag. Lepas pakaian anda dan masuklah ke dalam sleeping bag bersama orang tersebut. Hangatkan orang tersebut melalui sentuhan kulit.

Larangan
1.Jangan menggosok tangan atau kaki yang dingin.
2.Jangan siram penderita dengan air hangat atau shower.
3.Jangan biarkan dia bergerak atau berjalan.
4.Jangan pernah memberikan alkohol atau minuman pada orang yang sangat kedinginan.

Ingat!
Ketika anda melakukan kegiatan outdoors, berpikirlah! Cegah hypothermia sebelum anda mengalaminya. Jaga kondisi tubuh tetap hangat dan kering. Makanlah dengan baik dan minum banyak air. Istirahat cukup, anda tidak dapat menghentikan cuaca. Anda akan menemui hujan,salju dan dingin. Tapi anda dapat berjaga-jaga terhadap hypothermia. Anda dapat mengetahui apa yang harus dilakukan, anda dapat bersiap diri.

|
This entry was posted on 09.16 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: